Just another free Blogger theme

Selasa, 17 Juli 2018

Nama : Riszky adham
Kelas : 4ib06
Npm : 19414536
Tugas 3 : teknologi informasi dan mulltimedia

Internet protocol

Internet Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang digunakan untuk mengatur dan mengjinkan terjadinya hubungan antar komputer, komunikasi dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Komputer-komputer menjadi bisa saling berkomunikasi satu sama lain dan saling bertukar informasi karena adanya internet protokol.

Jaringan (network)
Jaringan (network) iyalah sebuah sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer serta perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuam yang sama ataupun suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain yang saling berinterakasi, dengan atau tanpa kabel. Masing-masing nodes itu berguna sebagai stasiun kerja (workstations). Salah satu nodes iyalah sebagai media jasa atau server , iyalah yang mengatur fungsi tertentu dari nodes-nodes lainnya. Pada dasarnya teknologi jaringan komputer itu sendiri iyalah perpaduan anatara tenologi komputer serta juga teknologi komunikasi.
Pengertian Internet secara global
Internet sendiri berasal dari kata  interconnection-networking, merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Sedangkan pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.
TCP/IP

 Protokol kontrol transmisi/Protokol Internet atau Transmission Control Protokol/Internet Protokol (TCP/IP) adalah sebuah protokol yang sesuai untuk standar  industri  yang dirancang  untuk melingkupi  area  antar  jaringan  yang besar pada hubungan area jaringan yang luas.  TCP/IP dikembangkan pada tahun 1969 oleh Department of Defence Advanced Research Projects Agency (DARPA), yang merupakan hasil dari sebuah percobaan resource-sharing yang disebut Proyek Penelitian Lanjutan Agen Jaringan (Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET)). Tujuan dari TCP/IP adalah untuk menyediakan hubungan jaringan komunikasi berkecepatan tinggi. Sejak 1969, ARPANET berkembang menjadi komunitas jaringan worldwide yang dikenal sebagai Internet.

WAP

WAP (Wireless Aplication Protocol) adalah suatu protocol aplikasi yang memungkinkan Internet dapat diakses oleh ponsel dan perangkat wireless lainya. WAP membawa informasi online melewati Internet langsung menuju ponsel atau clint WAP lainnya. Dengan adanya WAP, berbagai informasi dapat diakses setiap saat hanya dengan menggunakan ponsel.

Ada tiga bagian utama dalam akses WAP, yaitu perangkat wireless yang mendukung WAP, WAP Gateway sebagai perantara dan server sebagai sumber dokumen. Dokumen yang berada dalam web server dapat berupa dokumen HTML maupun WML. Dokumen WML khusus ditampilkan melalui browser dari perangkat WAP. Sedangkan dokumen HTML yang seharusnya ditampilkan melalui web browser, sebelum dibaca melalui browser WAP diterjemhkan terlebih dahulu oleh gateway agar dapat menyesuaikan dengan perangkat WAP.


WWW

WWW adalah kumpulan dokumen-dokumen hypertext yang saling terhubung satu sama lain dan dapat di akses dengan menggunakan koneksi Internet. Selain terdiri atas semua situs yang terhubung dengan Internet di seluruh dunia, perangkat-perangkat yang berperan sebagai client seperti komputer dan smartphone juga termasuk dalam WWW. 

Awal pengembangan World Wide Web dipimpin oleh Tim Berners-Lee pada akhir tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an. Ia membangun prototype-prototype dengan menggunakan teknologi-teknologi web seperti HTML, HTTP, server, dan web browser. Situs-situs web dan praktik berselancar web (web browsing) menjadi sangat populer pada pertengahan tahun 1990-an. 

Jaringan server-server berperan sebagai tulang punggung (backbone) untuk World Wide WebHypertext Transfer Protocol(HTTP) digunakan untuk mengakses web. Web browser mengirim permintaan (request) untuk mendapatkan suatu halaman tertentu kepada web server, yang kemudian membalas dengan halaman yang diminta beserta isi halaman tersebut. Kemudian browser menampilkan halaman web berdasarkan kode-kode HTML yang digunakan pada halaman tersebut. 

Setiap resource dapat diidentifikasi dengan uniform resource identifier (URI). Dengan bantuan domain name system (DNS), suatu uniform resource locator (URL) dapat diubah menjadi IP address. DNS merupakan sistem penamaan hirarki untuk komputer-komputer dan resource-resource yang ada di Internet. 

Saat ini World Wide Web berperan sebagai sumber untuk berbagai macam informasi yang dapat di akses dari seluruh dunia, tentunya halaman tempat Anda berada saat ini juga termasuk dalam WWW.





Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar